eFiling Pajak 2017 | Pelaporan SPT Pajak Tahunan via DJP Online

Posted by Kembar Pro





eFiling Pajak adalah aplikasi Pajak Online yang diperuntukkan bagi Anda sebagai Wajib Pajak perorangan maupun perusahaan yang ingin melaporkan SPT Pajak Tahunan secara elektronik. Programnya bisa Anda akses melalui situs Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan alamat URL : djponline.pajak.go.id.

Selain lapor pajak online, aplikasi ini juga terintegrasi dengan DJP Online e-Billing (Bayar Pajak Online), sehingga dengan adanya fasilitas dan berbagai macam kemudahan, seluruh pelayanan sistem perpajakan ini biasa disebut sebagai Djp Online One Stop Tax Services.

DJP Online - eFiling Pajak Online


Sistem dan tata cara pelaporan SPT Pajak Tahunan menggunakan aplikasi ini telah diatur oleh Peraturan Pemerintah yaitu : Peraturan DirjenPajak PER-01/PJ/2016 , dan   PER-41/PJ/2015 mengenai sistem pengamanan transaksi pajak online melalui media elektronik.

Perlu Kita ketahui bersama bahwa Bulan Maret merupakan periode diamana seluruh Wajib Pajak menyampaikan atau lapor SPT Pajak Penghasilan Tahunan dimana batas waktunya akan berakhir pada Tanggal 31 Maret 2017 yang akan datang.


Bagaimana Cara Lapor Pajak SPT di DJP Online

Ada beberapa tahapan dalam penyampaian SPT Tahunan Pajak melalui aplikasi eFiling, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Untuk bisa mengakses aplikasi DJP Online, Anda harus memiliki nomor EFIN (Electronic Filing Identification Number), Anda bisa memperolehnya melalui Kantor KPP Pajak dimana NPWP Anda terdaftar dengan menyerahkan copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu NPWP, dan mengisi formulir pendaftaran permohonan EFIN.
  2. Registrasi pendaftaran akun di DJP Online ;
  3. Mengisi SPT Pajak Tahunan menggunakan formulir aplikasi eFiling yang telah disediakan oleh DJP, nantinya Anda akan dituntun dalam proses pengisiannya.


Kategori Wajib pajak yang bisa melaporkan SPT Online

Aplikasi eFiling Pajak menyiapkan dua jenis Formulir Pajak beserta panduan cara mengisinya. Kategori Wajib Pajak yang dapat mengisi langsung formulir aplikasi di DJP Online adalah sebagai berikut :

  1. Wajib Pajak Orang Pribadi, Anda sebagai pekerja dengan penghasilan lebih dari 60 juta pertahun dengan mengisi Formulir 1770 S ; berikut ini tutorialnya : DJP Online penjelasan mengenai cara lapor Pajak SPT Tahunan menggunakan Formulir 1770 S ;
  2. Wajib Pajak Orang Pribadi, Anda sebagai pekerja dengan penghasilan kurang dari 60 juta pertahun dengan mengisi Formulir 1770 SS ; berikut ini tutorialnya : eFiling Pajak penjelasan mengenai cara lapor SPT Pajak Tahunan menggunakan Formulir 1770 SS.

Apabila Anda bukan termasuk kategori Wajib Pajak diatas, program eFilling Pajak juga bisa digunakan untuk menyampaikan jenis Pajak SPT Tahunan atau Massa lainnya.

Agar Anda bisa menggunakan fasilitas ini, Formulir SPT Pajak tersebut sebelumnya Anda isi terlebih dahulu dengan menggunakan program e-SPT dari Direktorat Jenderal Pajak, tutorial cara menggunakan aplikasi dan download program tersebut bisa Anda akses disini : Aplikasi e-SPT.

Setelah Anda yakin mengisi formulir SPT tersebut dengan benar, uploadlah dokumen tersebut dalam format CSV, dan lampiran pendukung SPT tersebut dalam format PDF.

Jenis SPT Tahunan dan Massa yang dapat dilaporkan melalui cara ini adalah :

  1. SPT Tahunan WP Orang Pribadi – Apabila Anda termasuk kategori sebagai pengusaha atau pemilik pekerjaan bebas, dengan mengisi formulir 1770 ;
  2. SPT Tahunan WP Orang Pribadi – Apabila Anda termasuk kategori sebagai Karyawan atau Pekerja dengan penghasilan per tahun diatas 60 juta rupiah, dengan mengisi Formulir 1770 S. Jenis Formulir ini bisa juga Anda isi melalui aplikasi eFiling DJP Online ;
  3. SPT Tahunan PPh 29, Pajak Penghasilan Perusahaan atau Badan Usaha ;
  4. SPT Massa Pajak Penghasilan PPh 21 untuk karyawan, dan PPh 26 untuk pekerja warganegara asing ;
  5. SPT Massa Pajak PPh Pasal 4 ayat (2) ;
  6. SPT Massa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan (PPnBM).


Cara Registasi dan Lapor SPT Pajak Tahunan

1. Registasi Akun DJP Online
Bagaimana cara regisrasi pendaftaran akun di DJP Online, bisa Anda lihat pada keterangan gambar berikut ini :

Registasi Akun DJP Online
Image from pajak.go.id


2. Cara Pengisian dan Lapor SPT Pajak via eFiling
Tutorial lengkap cara pengisian Formulir 1770 S dan 1770 SS sudah saya jelaskan pada penjelasan kategori wajib pajak diatas, dan infofrapisnya bisa Anda lihat pada gambar berikut ini :

Cara Lapor SPT Pajak via eFiling DJP Online
Image from pajk.go.id


Demikian, semoga artikel mengenai DJP Online ini bisa bermanfaat buat Anda sebagai warga negara yang baik dan taat pajak yang ingin lapor pajak SPT Tahunan secara online dengan menggunakan aplikasi eFiling Pajak.



Video tutorial cara registrasi akun DJP Online :


Video Tutorial Cara Pengisian SPT Tahunan Formulir 1770 S, bagi Anda Pekerja dengan penghasilan lebih besar dari 60 juta rupiah per tahun :






Berlangganan Gratis artikel terbaru dari kami via email, silahkan masukkan alamat email Anda dibawah ini :

0 Response to "eFiling Pajak 2017 | Pelaporan SPT Pajak Tahunan via DJP Online"

Posting Komentar