Tak ada orangtua yang tak ingin anaknya memiliki masa depan sempurna, baik dari segi karakter hingga keuangan. Sebagai orangtua sudah seharusnya Anda mempersiapkannya dengan baik, karena peran orangtua sangat penting untuk itu. Beberapa cara bisa dilakukan sejak dini agar anak tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang kompeten di saat dewasanya nanti.

Mulailah Terapkan Ini Pada Anak Anda

Setidaknya ada empat cara yang bisa Anda terapkan kepada si buah hati agar dia memiliki bekal yang benar untuk masa depannya. Mulai dari mengajari disiplin, kebersihan, hemat, bersosialisasi, temukan bakatnya, dan dukung dia semaksimal mungkin dalam berbagai hal positif.

Ajarkan Disiplin

Anda bisa mulai dengan hal-hal kecil seperti menentukan jadwal kegiatannya sehari-hari, sehingga dia jadi terbiasa melakukannya. Ajarkan tepat waktu saat melakukan apapun, baik itu jam tidurnya, jam makan, hingga aturan kecil yang melibatkan dirinya.

Ajarkan Kebersihan

Buat dia jadi anak yang selalu bersih, dengan mencuci tangan dengan pencuci anti bakterial sebelum dan setelah makan, membuang sampah pada tempat yang disediakan, menyapu dan membersihkan kamarnya sendiri, dan merapikan buku dan semua barangnya dengan baik.

Ajarkan Hemat

Seperti ungkapan hemat pangkal kaya, Anda bisa menerapkan hidup hemat pada anak. Mulai dari mengajarkannya menabung, membeli sesuatu yang hanya benar-benar dibutuhkan, bukan yang diinginkannya. Dengan begitu anak akan memiliki pola pikir hemat yang positif.

Ajarkan Bersosialisasi

Anak harus mulai diajarkan bersosialisasi sejak dini, jangan biarkan dia dengan dunianya sendiri atau sibuk dengan mainan atau gadget. Biarkan dia berinteraksi dengan teman-teman di lingkungan tempat tinggal, dan arahkan dia untuk menjadi pribadi yang menyenangkan, tidak cepat marah, dan mau membantu sesama.

Temukan Bakatnya

Menemukan bakat anak sangat mungkin dilakukan sejak anak masih kecil. Misalnya dia suka bermain music, atau memasak, atau menyanyi. Latihlah dan jadikan dia memiliki bakat yang tersalurkan tanpa ada paksaan dari Anda.

Beri Dukungan Terbaik

Anak selalu membutuhkan dukungan dari orang tua, selalulah berada disampingnya saat dia membutuhkan. Beri motivasi saat dia kalah dalam bertanding, atau saat mengalami masalah di sekolahnya. Jangan pernah memarahi anak ketika dia salah, tapi lebih kepada tegas dan mencontohkan yang benar.

Mempersiapkan masa depan anak ibarat memilih pencuci anti bacterial untuk bayi, dimana Anda harus benar-benar teliti dan mengetahui kondisi si anak, sehingga ketika pilihan sudah didapat maka dapat digunakan untuk membawa hasil positif. Karena sejatinya perkembangan anak tergantung bagaimana orangtua mendidik dan membesarkannya.